Hindari perdebatan dan diskusi Tidak Bermanfaat

Admin | Kamis, 28 Agustus 2014 10:02 WIB | 3.269 kali
Hindari perdebatan dan diskusi Tidak Bermanfaat Wahai wanita yang bersedih...

Tinggalkan perdebatan. Jangan masuk ruang diskusi tentang perkara yang belum jelas. Karena dapat menyempitkan dada dan mengacaukan perasaan. Jangan memaksa orang menerima saran Anda terhadap masalah khilafiyah, atau yang masih memerlukan banyak pendapat dari orang lain.

Sampaikanlah saran dengan tenang, tidak gaduh, tanpa perlu berteriak. Jauhi sikap membantah dan mengkritik. Karena itu dapat merusak ketenagan suasana, dan menggiring pada kondisi yang tidak diinginkan.

Sampakan pendapat dengan santun dan tenang. Dengan begitu kita dapat mengusai hati dan jiwa. Adapun sebaliknya, dapat melahirkan kesedihan, kebimbangan, fitnah diantara mereka, celaan dan kekurangan mereka.

Ini akan menghilangkan pahala dan mendatangkan dosa. sehingga hilanglah ketentraman dalam diri. Maka sibukanlah dengan memperbaiki kekurangan daripada sibuk mengurus kekurangan orang lain.

Sesungguhnya Allah tidak menciptakan kita sempurna dan bebas dari kesalahan. Bahkan setiap manusia pasti pernah melakukan dosa dan memiliki kekurangan. Maka selamatlah orang yang sibuk mengurus kekurangan dirinya sendiri ketimbang mengurus kekurangan orang lain.

***


Sumber: Buku La Tahzan for Women, Penulis: Nabil bin Muhammad Mahmud


Yuk Bagikan :

Baca Juga

Anak Marah, Atasi dengan Cara Ini
Selasa, 01 November 2016 16:27 WIB
Mengenalkan Allah pada Anak dengan Cara Sederhana
Selasa, 11 Oktober 2016 10:50 WIB
Ukhti Mau Mahar Apa?
Senin, 10 Oktober 2016 11:18 WIB